admin
26 Feb 2021

399 shared

309 views

Safety Culture Tree

coaLinDay
Hai coaLmates

5 indikator kunci untuk membangun budaya keselamatan versi NSW Government. Jika dianalogikan dalam sebuah gambar pohon budaya keselamatan, Zero Accident adalah buahnya, untuk membuat buah itu tumbuh dari sebuah pohon tentu saja kita harus memperhatikan keseluruhan aspek dari pohon itu, 5 indikator Kunci tersebut adalah:

Safety Leadership
Worker Involvement
Reporting
Risk Awareness
Just and Fair Process

A culture of safety starts with leadership, because leadership drives culture and culture drives behaviour. (Tillerson, R., 2010).

Worker Involvement/Keterlibatan seluruh pegawai, di beberapa Perusahaan yang telah memiliki budaya K3, pegawai di bagian K3 bisa dikatakan sangat sedikit, karena behavior safety telah tertanam pada setiap pekerja.
 
Safety Leadership dan worker involvement diterapkan secara bersamaan dan bersinergi, Seorang Leader dengan powernya dituntut bisa menjalankan program kerja dimana aktifitas pekerjaan yang dilakukan dapat menumbuhkan keterlibatan semua pekerja dalam menerapkan K3.
 
Risk Awareness/Pengetahuan akan resiko, salah satu kemampuan paling penting dalam diri pekerja dari sisi K3 adalah dapat mengidentifikasi bahaya, karena dengan kemampuan ini, pekerja jadi memiliki sense untuk lebih aware terhadap potensi resiko yang mungkin terjadi, ini berhubungan erat dengan reporting, dari proses reporting tersebut kita mengetahui berbagai ketidaksesuaian yang memiliki potensi bahaya, idealnya secara administrasi dituangkan dalam formulir Hirarc (Hazard Identification Risk Assessment & Risk Control) dan JSA (Job Safety Analysis).

Reporting/Pelaporan dalam analogi culture tree, reporting menjadi akar dari pohon tersebut, jika diibaratkan sebuah bangunan, Reporting adalah pondasi, tanpa budaya pelaporan yang baik dan terukur mustahil budaya safety berjalan dengan baik pada sebuah Perusahaan.

Just And Fair Proses adalah sebuah siklus, suatu kondisi perusahaan yang bijak dalam menerapkan aturan perusahaan, fokus pada perbaikan system dan tidak menjatuhkan kesalahan kepada personal.