Manajemen Risiko

Manajemen risiko merupakan bagian dari three lines of defense yang harus mampu menjaga agar setiap gerak dan keputusan untuk mencapai visi dan strategic goals.

PT PLN Batubara selalu memenuhi prinsip kehati-hatian dan berada dalam koridor Business Judgment Rule. Peran dan tujuan dari kerangka kerja manajemen risiko adalah membantu organisasi dalam mengintegrasikan manajemen risiko ke seluruh fungsi dan kegiatan organisasi.

Efektifitas manajemen risiko akan tergantung dari seberapa jauh manajemen risiko berhasil diintegrasikan ke dalam tata kelola organisasi (Governance), kegiatan organisasi dan proses pengambilan keputusan.

Dalam rangka menerapkan manajemen risiko di PT PLN Batubara agar menjadi budaya pada keseluruhan organisasi pada semua tingkatan, jajaran Direksi serta senior leaders lainnya berkomitmen untuk membentuk budaya sadar risiko dengan telah melakukan internalisasi mengenai manajemen risiko secara konsisten melalui program budaya PLNBB SATU atau disebut dengan coaLinday, satu informasi setiap hari tentang pemahaman mengenai manajemen risiko kepada coalmates. Selain itu, PT PLN Batubara telah melakukan pengukuran tingkat kematangan atas pemahaman, komitmen dan implementasi manajemen risiko secara berkala untuk mengetahui kondisi penerapan manajemen risiko di PT PLN Batubara.

Dengan program-program penguatan budaya yang telah dilakukan dan direview secara konsisten, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya manajemen risiko kepada coalmates sebagai risk owner.