Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

PT PLN Batubara menyadari pentingnya penerapan tata kelola perusahaan yang baik/Good Corporate Governance (GCG) guna menumbuhkan kepercayaaan dari mitra bisnis, pemegang saham dan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya.PT PLN Batubara juga percaya bahwa komitmen yang tinggi dalam penerapan GCG merupakan faktor yang penting agar perusahaan dapat bertahan dan tangguh dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. GCG diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencapai Visi Perusahaan.

Untuk itu PT PLN Batubara berkomitmen untuk menerapkan praktik-praktik GCG dalam pengelolaan perusahaan sehari-hari. Komitmen tersebut diwujudkan antara lain dengan membuat infrastruktur GCG yang melandasi penerapan GCG di lingkungan perusahaan, di antaranya adalah dengan penyusunan Pedoman Tata Kelola Perusahaan (Code of Corporate Governance) PT PLN Batubara yang menjadi acuan/ pedoman bagi organ utama perusahaan (Pemegang Saham/RUPS, Dewan Komisaris dan Direksi) dalam menerapkan praktik-praktik GCG di lingkungan Perusahaan. Keberhasilan implementasi Pedoman Tata Kelola Perusahaan sangat tergantung pada komitmen dari seluruh organ perusahaan dalam menegakkan dan melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dengan didukung oleh seluruh jajaran manajemen perusahaan.

Untuk mengukur maturitas implementasi GCG maka PT PLN Batubara melakukan penilaian implementasi GCG dengan menggunakan parameter SK-16/MBU/2012 dari Kementerian BUMN yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) setiap 2 tahun sekali dan secara mandiri (self assessment) dilakukan setiap tahun serta evaluasi setiap semester.

Hasil Assessment GCG PT PLN Batubara



Pedoman Tata Kelola Perusahaan Yang Baik 2020
Pedoman Tata Kelola Perusahaan Yang Baik